#CAHTEKNIK LAGI BURNOUT? YUKK SIMAK TIPS MENGATASI BURNOUT SELAMA PERKULIAHAN

16 October 2023

Apa sih burnout itu?

 

            Burnout merupakan suatu keadaan stres kronis dimana #CahTeknik merasa lelah secara fisik, mental dan emosional akibat tugas yang diberikan oleh dosen. Burnout ditandai oleh tiga hal, yang pertama adalah kelelahan fisik. #CahTeknik yang mengalami burnout  selalu merasa lemas dan lelah. Kedua, ditandai dengan kelelahan emosional. Depresi, perasaan kacau, adalah akibat dari kelelahan. Ketiga, seorang #CahTeknik yang mengalami burnout seringkali menunjukkan  sikap atau kelelahan mental serta bersikap sinis dan negatif terhadap orang lain dengan mengorbankan dirinya sendiri.

 

Tips mengatasi burnout selama berkuliah

 

1. Menjaga Kesehatan

           

Meski tugas terus menumpuk dan mengikuti kegiatan cukup melelahkan, namun #CahTeknik harus memikirkan untuk selalu menjaga kesehatan, mengatur pola istirahat, dan  pola makan yang bijaksana. Jika #CahTeknik terasa lelah, jangan memaksakan diri untuk terus bekerja.

 

2. Lakukan hal atau kegiatan yang #CahTeknik sukai dan membuat nyaman

           

            Melakukan hal-hal yang disukai dan membuat semangat pasti menjadi penambah mood #CahTeknik yang dapat meningkatkan mood, seperti melukis, menonton film, bermain game, memasak, berlibur bersama teman, dll. Intinya lakukan sesuai  keinginan  dan menjadi cara bagi #CahTeknik untuk menghilangkan stress yang ada.

 

3. Membuat Skala Prioritas

 

            Penting bagi #CahTeknik untuk merancang  skala prioritas terkait apa yang dianggap penting. Memiliki skala prioritas membantu #CahTeknik menjadi lebih fokus dan terorganisir untuk menjalankan tanggung jawabnya secara efektif.

 

4. Mulai mendekatkan diri ke lingkungan yang positif

 

            #CahTeknik bisa menghubungi teman atau keluarga terdekat dan membicarakan apa saja dengan mereka. Ini bisa menjadi cara untuk membantu #CahTeknik merasa lebih nyaman. Dengan melepaskan segala permasalahan yang ada, #CahTeknik pasti  akan terasa jauh lebih ringan.

 

5. Aktif dalam bersosialisasi dengan orang di sekitar

 

            Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan menghabiskan waktu luang bersama teman atau berlibur bersama. Selain membuat suasana semakin nyaman, #CahTeknik juga bisa menghibur dengan beraktivitas bersama teman-teman.

 

6. Belajar sesuai dengan kemampuan

 

#CahTeknik dapat membagi tugas dan belajar secara berkelompok sesuai dengan kemampuannya, sehingga memudahkan #CahTeknik dalam menyerap informasi dibandingkan memaksakan diri melakukan segala hal secara berlebihan.

 

Itulah tips yang dapat digunakan #CahTeknik untuk mengatasi burnout. Selain pentingnya giat belajar, ingatlah untuk meluangkan waktu dan istirahat yang cukup agar tenaga dan semangat belajar kembali. Jika #CahTeknik mengalami stres atau sebaliknya, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain yang lebih mampu.

Unit Kantor Media dan Informasi (KMI)

BEM FT UNDIP 2024

Related Articles

06 July 2024 by Admin

Yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru di Perkuliahan

07 December 2023 by Admin

‘NETWORK FOR INTROVERT’, EMANGNYA BISA?!

17 November 2023 by Admin

PENTINGKAH MENJAGA KESEHATAN MENTAL? SIMAK SAMPAI AKHIR YAA!!!

Tentang Kami

Website ini dikelola oleh 
Unit Kantor Media Informasi 
BEM FT UNDIP 2024

Sosial Media

Kontak

bemft@student.undip.ac.id

BEM FT UNDIP 2024

Optimalkan Potensi Gapai Asa Terbarukan