‘NETWORK FOR INTROVERT’, EMANGNYA BISA?!

07 December 2023

Olá #CahTeknik !!

 

Ketika kita membayangkan seseorang dengan kehidupan yang suka bergaul dan enjoy di keramaian, hal yang terlintas di pikiran kita yaitu gambaran seorang ekstrovert. Tapi, terdapat sekelompok individu yang lebih memilih kedamaian, merenung, dan menikmati waktu sendiri, mereka disebut introvert, yang mana kepribadian tersebut cukup sulit untuk memulai hubungan dan relasi terlebih dahulu. Pada artikel ini, kita akan memberi tips dan saran kepada kamu-kamu, para introvert, agar bisa membangun relasi tanpa keluar dari zona nyamanmu. Simak sampai habis yah!!

1.     Kenali Dulu Siapa Kalian

Ini adalah langkah pertama bagi #CahTeknik bisa membangun relasi sesuai kebutuhan #CahTeknik. Benar-benar memahami diri sendiri, tahu kelebihan dan kekurangan pribadi kita adalah dasar yang sangat penting untuk memulai perjalanan #CahTeknik membangun jaringan sosial sesuai kepribadian kalian.

2.     Mulai Dulu Aja Dari Yang Deket-Deket

Memulai hubungan dengan orang lain adalah hal yang cukup sulit untuk para introvert. Tapi oh tapi nih fren, #CahTeknik tuh bisa tahu mulai dari lingkup yang paling dekat, entah itu keluarga, teman-teman yang #CahTeknik sudah kenal atau siapapun itu. Bisa dibilang langkah ini menjadi batu loncatan untuk memulai hubungan dengan lingkup yang lebih besar.

3.     Manfaatin Yang Namanya Teknologi

Seiring berkembangnya zaman nih sob, banyak aplikasi yang bisa banget #CahTeknik manfaatin untuk membangun hubungan dengan orang lain, tanpa harus ninggalin kenyamanan rumah atau kos kalian. #CahTeknik bisa gunain aplikasi atau platform seperti Instagram, X, facebook, atau aplikasi lain yang #CahTeknik suka dan minati! 

4.     Latih Diri Kalian

Learning by Doing’ adalah tips ampuh yang mana #CahTeknik  bisa mulai dengan berbicara di depan kaca untuk bisa ngomong di depan orang banyak, selain itu #CahTeknik juga bisa berperan lebih dalam suatu kegiatan, atau hal-hal lainnya yang bisa membangun kepercayaan diri dan kemampuan berhubungan dengan orang lain.

5.     Pikir Lebih Jauh Ke Depannya

Maksudnya, #CahTeknik yang introvert harus berpikir bahwa kemampuan berhubungan dengan orang lain tuh berinvestasi jangka panjang lohh. So, lakuin ke-empat hal di atas secara konsisten biar #CahTeknik bisa membuat jaringan sosial yang luas, bisa kok dimulai dari yang gampang-gampang dulu. Yang paling penting, nikmatin aja prosesnya, karena semua hal butuh waktu untuk berkembang termasuk kemampuan berhubungan dengan orang lain.

 

Pada dasarnya, berelasi / berhubungan dengan individu yang memiliki kepribadian introvert bisa diasah sendiri sesuai caranya masing-masing. Gaada yang salah kok baik orang dengan kepribadian yang intovert ataupun ekstrovert, karena kedua jenis kepribadian ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Intinya, Jadilah Dirimu Sendiri!! Terimakasih!

 

Unit Hubungan Masyarakat (Humas)

BEM FT UNDIP 2023

Unit Hubungan Masyarakat (HUMAS)

BEM FT UNDIP 2024

Related Articles

06 July 2024 by Admin

Yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru di Perkuliahan

17 November 2023 by Admin

PENTINGKAH MENJAGA KESEHATAN MENTAL? SIMAK SAMPAI AKHIR YAA!!!

13 November 2023 by Admin

SEBERAPA PENTING SIH HUMAS TUH?! SIMAK SAMPAI HABIS YAH!

Tentang Kami

Website ini dikelola oleh 
Unit Kantor Media Informasi 
BEM FT UNDIP 2024

Sosial Media

Kontak

bemft@student.undip.ac.id

BEM FT UNDIP 2024

Optimalkan Potensi Gapai Asa Terbarukan